Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

 
 
Sertifikasi: Certified Financial Planner®

A. PERSYARATAN SERTIFIKASI CFP
FPSB Indonesia adalah pemegang hak dan lisensi ekslusif untuk program sertifikasi CFP dan RFP dari FPSB untuk kawasan Indonesia. FPSB Indonesia mensyaratkan calon CFP professional memenuhi proses global 4 E yaitu: Education, Examination, Experience dan Ethics.

  1. Education (Pendidikan)
    Calon harus lulus dalam program pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan yang telah bekerjasama dengan FPSB Indonesia yaitu Universitas dan Lembaga Pendidikan penyelenggara pendidikan program sertifikasi CFP bagi mahasiswa (daftar lembaga pendidikan dapat dilihat didalam daftar Education Providers).
  2. Examination (Ujian)
    Setelah lulus dalam program pendidikan pada butir 1 diatas, calon dapat mendaftar untuk mengikuti ujian CFP yang diselenggarakan oleh FPSB Indonesia. Ujian CFP bersifat pilihan berganda (multiple choice). Pendaftaran dan Biaya ujian adalah Rp. 400.000/ujian untuk ujian masing-masing CFP1, CFP2 dan CFP3 dan Rp. 1.000.000/ujian untuk ujian CFP4 dibayarkan paling lambat 2 minggu sebelum ujian. Biaya mengulang ujian adalah sama dengan biaya ujian.
  3. Experience (Pengalaman Kerja)
    Calon mempunyai pengalaman kerja paling tidak 3 tahun di bidang terkait jasa keuangan.
  4. Ethics (Etika)
    Calon menandatangani persetujuan untuk patuh pada kode etika perofesional RFP/CFP. Dengan menyetujui kode etika tersebut, calon juga menyatakan persetujuannya untuk menerima segala tindakan termasuk diantarannya dicabutnya sertifikat RFPnya apabila melanggar kode etika tersebut. Setiap professional RFP mempunyai hak untuk naik banding (hak appeal) sebagai upaya untuk membuktikan dia tidak bersalah.

B. PERSYARATAN ADMINISTRASI CFP
Biaya keanggotaan CFP adalah Rp. 1.000.000/tahun.Biaya keanggotaan

C. PERSYARATAN RESERTIFIKASI CFP
Sertifikasi CFP berlaku 2 tahun. Untuk memperpanjang sertifikasi setiap professional CFP harus memenuhi 40 CPD (Continual Professional Development) untuk 2 tahun, memenuhi persyaratan Kode Etik FPSB Indonesia dan (mulai tahun 2010). Biaya keanggotaan CFP sebesar Rp. 1.000.000/tahun dan biaya Certifificate of Proficiency Rp. 200.000/berlaku 2 tahun.

Persyaratan lebih detail dapat di lihat/cetak: persyaratan sertifikasi CFP.

Meliputi standar 4E yaitu: Education (Pendidikan), Examination (Ujian), Experience (Pengalaman) dan Ethics (Etika) dibawah ini:

PENDIDIKAN

UJIAN

PENGALAMAN

ETIKA

SERTIFIKASI CFP

Menyelesaikan pendidikan dari penyelenggara pendidikan yang terdaftar di FPSB Indonesia.

Lulus seluruh ujian sertifikasi CFP

Memiliki pengalaman kerja di bidang yang berkaitan dengan Perencanaan Keuangan minimal 3 tahun.

Tunduk pada aturan Kode Etik dan Tanggung Jawab Profesional yang ditetapkan FPSB Indonesia.

Memenuhi persyaratan adminsistrasi yang ditetapkan oleh FPSB Indonesia

Salah satu persyaratan administrasi adalah calon harus mempunyai latar belakang pendidikan minimum Sarjana (S1) dari lembaga pendidikan yang diakui di Indonesia atau SMU dengan pengalaman di industri jasa keuangan selama 6 tahun..

Pengecualian: Peserta dengan latar belakang minimum salah satu dari: CFA, CPA, ChFC, CLU, Wakil Manajer Investasi, FLMI, AAI-J atau seseorang dengan gelar akademis minimum S2 di bidang terkait perencanaan keuangan dari Universitas yang diakui di Indonesia, misalnya dibidang keuangan, dapat dipertimbangkan untuk dibebaskan dari ketentuan Pendidikan.

PROSES RE-SERTIFIKASI:

Sertifikasi CFP hanya berlaku 2 tahun dan CFP profesional wajib memperbaharui sertifikasinya. CFP profesional dapat mengajukan pembaharuan apabila dapat memenuhi ketentuan Continuing Professional Development (CPD) sebanyak 40 credit selama 2 tahun, ketentuan Etika dan membayar biaya keanggotaan sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) per tahun.